One Sweet Day

bingung pilih judul...

Ya Allah, tolong sembuhkan Ibuku, atau angkat saja ia. Jangan buat dia menderita - @bimown H-8


Emangnya rasanya ditinggal orang tua kayak apa sih, mbak? - @lautkidul beberapa jam sebelum kejadian


Siapa yang gak kaget akan ditinggal orang tua tercinta? Termasuk gw dan keluarga. Sopannya, nyokap ga pake pamit-pamitan, kiss goodbye, atau cipika-cipiki. Dia meninggal di pangkuan bokap (sound romantic?), sementara gw masih tidur ileran.

Adik gw lebih sial lagi, harus melewatkan momen tersebut karena dapet giliran shift malam. Gw ingat saat pagi itu, gw sedang mencoba menguatkan diri menghubungi adik gw, tiba-tiba taksinya udah nongol di depan rumah. Di tasnya ada bungkusan ayam, yang rencananya mau dikasih buat nyokap. Ketika dia nangis, dia bilang "Mama belum liat aku pake seragam ini, mas. Mama, belum liat aku jadi manager". Kakak mana yang ga meleleh denger adik satu-satunya ngomong gitu?

Banyak orang bilang gw dan keluarga sangat tegar melepas kepergian nyokap. Padahal ga sepenuhnya benar. Waktu awal beliau meninggal, gw gak bisa menahan gemuruh di dada. Gw ingat kembali, apa yang gw lakukan pada nyokap malam hari sebelumnya. Kalau saja gw tau itu hari terakhirnya, mungkin gw akan melayani seluruh kemauannya.

Kemudian gw ingat, tulisan yang dulu pernah gw tulis di blog. Maka dengan sekuat hati gw mencoba mengikhlaskan dan meyakini bahwa jalan ini adalah yang terbaik bagi nyokap, dan bagi kita sekeluarga. Dan berhubung saat gw mau bantu angkut-angkut meja, dilarang sama keluarga, maka cara yang baik dalam melepas kepergiannya adalah menyambut tamu-tamu yang datang.

Gw bersyukur punya keluarga besar yang ngasih full support. Dan gw baru sadar bahwa gw punya banyak sekali relasi yang perhatian. Gw mengucapkan terima kasih dan mohon maaf jika ucapan-ucapan tidak dapat terbalaskan. Dari hati yang terdalam, gw sangat tersanjung sekali.

Atas nama keluarga gw mohon maaf jika pada waktu pelaksanaan terdapat kekurangan. Atas nama nyokap gw juga mohon maaf atas segala kesalahan atau perbuatan nyokap yang kiranya kurang berkenan. Segala urusan nyokap yang belum selesai bisa dilaporkan kepada saya, meskipun saya lebih senang jika diikhlaskan wuihihihii (kidding)

And I know you're shining down on me from Heaven,
Like so many friends we've lost along the way,
And I know eventually we'll be together.
One sweet day.

Comments

Bimooo,
tetep aja nulis dengan gaya lucu dan mengharukan. hiks *nangis sambil ketawa*
pomponette said…
bimm, meleleh ni bacanya. maaf ya kmrn ga hadir :( tulisannya walo dengan sedikit guyon tetep bs bikin berkaca2. semoga bs trus menghadapi semuanya dengan senyum ya bim :)
-dian wl- said…
bimo, berkaca-kaca nih bacanya.. plus merinding..

~terima kasih telah mengingatkan..
MoMo said…
@all: terima kasih semuanya, senang bisa berbagi.. :D
cicianggitha said…
people only see outside you, they can't see inside you, but I believe one thing, nothing is as it seems...

that's why we should try to seek something unseen, something deeper than it seems...

*u're always be one of my inspirations.. keep positive :)
MoMo said…
blushing,

ngumpet di selokan.. :P
misskania said…
turut berduka cita buat Bimo dan keluarga, semoga semua amal ibadah Ibunda bisa diterima di sisi Allah SWT dan yg penting: Senantiasa berdoa untuk ibunda, Mo, soalnya itu salah satu yg menyalamatkan beliau nantinya..

wah jadi pengen nambahin nih tp sedikit curcol yah.. bokap gw meninggal pas umur gw 9 tahun dan itu gw ga ngerasain apa2 soalnya semua orang dewasa di keluarga gw berlaku seolah2 it's okay and bokap gw cuman dirawat 'biasa' di rumah sakit.. walaupun itu udah jelas2 ICU, tapi umur segitu gw mana ngerti ICU itu apa

pas malem bokap gw meninggal, gw paling inget soalnya itu malem biasa aja.. disuruh cuci kaki, ganti baju, trus tidur.. eh belum lama tidur udh dibangunin sama tante gw yang udh mewek.. pas gw tanya ada apa, dia cuman bilang "gapapa, kok, sekarang ganti baju ya, mau pergi ke rumah nenek.." entah kenapa gw langsung tahu kalo itu pasti ada apa2nya sama bokap gw

eh bener aja, ga berapa lama sampai di rumah nenek, jenazah bokap gw dateng.. semua orang pada nangis, kecuali gw dan adik2 gw yang masih kecil..

begitulah sampai sekarang, kalau ada yg tanya: "gimana rasanya ditinggal bokap umur segitu?" yah, gw jujur aja ga ngerasa apa-apa, kecuali kehilangan.. tapi tidak sedih.. namanya juga masih kecil..

tapi pas SMA, itu pertama kalinya gw liat temen gw di pemakaman bokapnya and it's so heartbreaking.. ga bisa dibandingin sama pengalaman gw sama sekali..

so, Bimo, be strong, my friend! toh postingannya Bimo selalu ada unsur humornya, semoga tidak berubah.. Amin
MoMo said…
Waaah.. terima kasih Kan, buat sharingnya.. Amin, semoga kita bisa selalu ingat mendoakan orang tua kita..
dahlia said…
Momo.. :((
YaAlloh...maap..bener bener gue minta maap..
Baru mampir
Baru komen
Hiks
Baru baca
Hiks...
Gue terima deh..mau elo kutuk jadi peri baik hati dan cantik..pasrah deh gue :p

Momo...jujurly, gue bener2 ngerasa kok ga peduli ama temen maya gue, momo :(

Momo..gue yakin mamah mau momo jadi yang terbaik..
Usaha terbaik momo, menjadi yang terbaik..

Gue support elo, mo..

*masih merasa bersalah :(*
MoMo said…
Mbaak, ga usah merasa bersalah gitu.. Ga papa lagi.. Gw paham koq, karena biasanya gw juga gitu hehehehe..

Btw, kalimalangnya di mana si mbak? Kapan mau traktir gw? :D
Akhmad Aldi said…
*mendoakan beliau agar diterangkan alam kuburnya, diterima segala amalannya*

tulisan yg bagus Mo..
jangan pernah lupa bahwa doa anak yg shaleh merupakan amalan yang tidak akan pernah putus hingga yaumilakhir kelak
MoMo said…
Amin, amiin.. mohon doanya..

Popular posts from this blog

Tujuh...

Keputusan Sulit

#$@%$&$*